Inilah 6 Keuntungan Konstruksi Rangka Baja Struktural

Konstruksi bangunan dan proyek di sore hari

Baja struktural tidak hanya untuk gedung pencakar langit, bangunan untuk pertanian berskala besar dan bengkel konstruksi. Ada beberapa alasan menarik mengapa baja dipilih sebagai bahan bangunan. Beberapa diantaranya adalah keberlanjutan, terjangkau, ketahanan. Dari proyek pembuatan logam murni sampai ke proyek konstruksi gabungan yang memanfatkan penggunaan kayu dan baja. Arsitek modern mempunyai banyak sekali opsi untuk dipilih. Baja adalah bahan bangunan serbaguna, yang pasti ada di hampir setiap tahap proses konstruksi dari pemasangan dan balok lantai, hingga bahan atap. Berikut adalah beberapa manfaat utama yang membuat baja struktural menjadi pilihan yang dapat diandalkan.

1. Besi lebih ringan dari kayu

Ini mungkin terdengar mengejutkan pada awalnya, karena jika menjumlahkan berat antara kayu berukuran 2×4 dan besi berukuran 2×4, besi pasti akan lebih berat karena sifat kepadatannya melebihi kayu. Ketika proses pemasangan bagaimanapun juga rancangan besi I Beam akan hampir selalu lebih ringan dari material yang paling ringan sekalipun dalam hal ini yang dimaksudkan adalah desain balok kayu secara struktural. Sepotong Besi I beam lebih ringan dari balok glulam (kayu yang dilaminasi lem), kayu LVL (Laminated Veneer Lumber) dan beam paralel.

Selain mengurangi tenaga kerja yang dibutuhkan dalam pembangunan besi, keuntungan material yang lebih ringan adalah mengurangi biaya pengiriman material dan juga dapat menyederhanakan desain dari fondasi bangunan dan sistem pendukung struktural lainnya yang secara langsung pasti akan mengurangi anggaran proyek.

2. Anda dapat membangun lebih cepat dengan besi

Waktu adalah uang, tetapi sepertinya era teknologi tinggi ini telah berhasil membuat setiap klien ingin agar anggaran pembangunan dapat ditekan semaksimal mungkin dan lebih cepat selesai dari jadwal yang ditentukan. Proyek yang membutuhkan kecepatan penyelesaian tingkat tinggi selalu merupakan mimpi buruk bagi arsitek dan kru konstruksi, karena percepatan dalam proses pembangunan tanpa memperhatikan aspek-aspek penting dapat mengakibatkan praktik pembangunanan yang tidak aman dan menghasilkan bangunan yang tidak berfungsi dengan baik. Itu semua berubah dengan penambahan besi.

Bagian-bagian baja adalah bahan pra-rancang yang dbuat dengan design spesifik di pabrik/manufakturer yang siap dikirim dan siap digunakan. Percepatan konstruksi secara signifikan membuat projek berskala besar dapat mungkin diselesaikan dalam waktu beberapa minggu.

Karena proses fabrikasi dikontrol ketat kualitasnya, manajer proyek dapat memberikan perhatian lebih pada masalah lain dan bagian yang dipotong sebelumnya, agar siap untuk merakit material tanpa perlu melalukan proses pengukuran dan pemotongan lagi. Ini juga mengurangi faktor human error, mengurangi jumlah waktu yang dihabiskan untuk merakit sesuatu, mengukur dan memotongnya lagi jika ada bagian yang tidak pas.
Dalam rangka mengurangi waktu proyek dan anggaran konstruksi, garis waktu konstruksi yang lebih cepat mengurangi jumlah waktu proyek konstruksi yang menghambat lalu lintas, mempengaruhi bisnis di sekitar proyek dan gangguan saluran air karena terhambat karena proses konstruksi.

3. Menghemat uang dengan besi

Penghematan uang yang besar karena waktu konstruksi yang lebih singkat dan pastinya akan mengurangi biaya dan tenaga kerja. Namun, membangun dengan besi dapat juga menghemat uang dengan cara-cara lainnya

  • Besi dapat didaur ulang. Daripada membayar biaya sewa untuk menyimpan material buangan yang tidak dapat didaur ulang, perusahaan anda dapat juga melakukan daur ulang terhadap besi dan komponen metal bangunan. Karena kepentingan publik dalam mengurangi limbah konstruksi yang tidak perlu, kebanyakan perusahaan pembuangan limbah memiliki program bersubsidi yang memungkinkan mereka untuk mengambil limbah baja dan bangunan logam Anda tanpa biaya kepada Anda.
  • Karena besi sangat tahan lama, dan juga membutuhkan sangat sedikit pemeliharaan, besi merupakan pilihan yang lebih ekonomis untuk pemilik bangunan. Biaya pemeliharaan, perbaikan dan penggantian sangat minimal-bahkan untuk jangka watktu 50 tahun lebih. Menghemat uang dalam jumlah besar bagi pemilik bangunan .
  • Inovasi dalam produksi besi, dikombinasikan dengan persaingan yang lebih besar dalam memenuhi tuntutan kebutuhan besi yang meningkat membuat harga besi lebih murah dari yang sudah ada dalam 20 tahun ini. . Menurut American Institute of Steel Construction, “Pada tahun 1980, dibutuhkan 10 jam kerja untuk memproduksi satu ton baja. Saat ini, ton baja struktural yang sama membutuhkan jauh lebih sedikit waktu daripada satu jam kerja manusia.” Dengan demikian, penghematan biaya ini dapat diteruskan kepada konsumen
  • Karena kemampuan struktur baja yang hampir tak tertandingi untuk menahan angin kencang, beban berat salju , kebakaran dan aktivitas seismik, yang dikombinasikan dengan ketahanannya terhadap hama dan pembusukan, perusahaan asuransi sering menawarkan premi yang lebih rendah pada kebijakan yang ditanggung untuk bangunan besi.
  • Waktu konstruksi yang lebih cepat berarti pembayaran bunga lebih sedikit kepada pemberi pinjaman, yang biasanya mengharuskan pembayaran bunga dilakukan melalui durasi proses konstruksi.
  • Ketika digabungkan, manfaat penghematan biaya ini menjadikan besi sebagai salah satu produk bangunan paling terjangkau di pasar.

4. Besi baja sangat serbaguna

Keserbagunaan besi tidak dapat tertandingi. Dari kemampuan baja struktural untuk dibentuk menjadi bentuk apa pun, hingga kemampuan eksteriornya untuk menghasilkan pola atap sirap dan atap seperti kayu. Fleksibilitas baja inilah yang menjadikannya sebagai opsi menarik untuk pasar konstruksi perumahan.

Arsitek dan desainer menyukai besi karena kemampuannya yang memungkinkan imajinasi mereka dalam merancang sesuatu yang artistik,sehingga se artisitik apapun bangunan tersebut tidak akan mengurangi kemampuannya sebagai bahan bangunan yang aman dan tangguh. Ketahanan yang sama ini juga memungkinkan untuk desain serbaguna yang luas, bentang bangunan yang jelas seperti hanggar pesawat, gudang, bangunan pertanian, dan arena indoor.Ini juga memungkinkan untuk pembangunan gedung pencakar langit, yang tertinggi di dunia tepatnya Dubai dengan ketinggian 2.722,4 kaki (829,8 m) tinggi. Sektor komersial tidak lagi memojokkan pasar besi bangunan.

Keserbagunaan dan fleksibilitas desain inilah yang sekarang disebut-sebut di sektor perumahan juga. Pertimbangan jika keluarga ingin merobohkan dinding untuk merombak atau renovasi. Mereka mengetahui bahwa pilar kayu yang menahan beban merupakan komponen penting. Sekarang, mereka memiliki pilihan untuk menggunakan balok baja di langit-langit, membuka ruang ke atas dan meniadakan perlunya balok struktural di bawah garis langit-langit. Selain itu, baja dan logam yang digunakan sebagai papan/dinding dan material atap yang jauh lebih tahan lama dibandingkan kayu.

5. Hibridasi baja dan kayu

Ini adalah area di mana hibridisasi turut ikut andil dalam pembangunan. Sementara, sebagian besar pemilik rumah menyukai gagasan fleksibilitas dan ketahanan baja. Tetapi mereka berhati-hati untuk pindah sepenuhnya dari bahan material kayu ke bahan material baja. Sehingga, banyak perusahaan konstruksi menawarkan bangunan baja/kayu hibrida. Yang memanfaatkan kekuatan, keawetan dan penyangga yang ditawarkan oleh baja, yang dipasangkan dengan sifat insulator kayu.

Pasangan bahan ini sangat bermanfaat. Sehingga Departemen Perumahan dan Pembangunan Perkotaan AS telah menerbitkan Panduan Pembuatan Bangunan Baja dan Baja Hibrida. Untuk mendorong pengembang perkotaan menggunakan baja struktural sebagai tambahan bahan bangunan tradisional.

6. Ramah lingkungan

Baja terbuat dari bahan daur ulang dan dapat didaur ulang pada akhir masa pakainya. Salah satu dari banyak alasan mengapa baja dapat menghasilkan poin-poin pembangun terhadap program sertifikasi bangunan hijau. Menurut Insitusi besi daur ulang :

  • 80 juta ton baja didaur ulang setiap tahun, menjadikannya produk yang paling banyak didaur ulang di dunia
  • Sejak tahun 1990, industri baja telah mengurangi intensitas energi per ton baja yang diproduksi. Sebesar 28% dan emisi CO2 sebesar 35% per ton baja yang dikirim.
  • Pengurangan penggunaan energi dan emisi CO2 dengan cepat mencapai batas yang ditentukan oleh hukum fisika

Ketika dikombinasikan dengan peningkatan desain lainnya, bangunan baja sangat hemat energi. Hubungan antara baja berkualitas tinggi, besi prefabrikasi yang tepat, penambahan insulasi yang memadai menjadikan ruangan kedap udara dan nyaman. Panel atap siap pakai dan siap dihuni susunan panel surya dan produk atap yang dingin, secara dramatis menurunkan panas matahari. Yang selanjutnya meningkatkan penghematan energi.

Daftar keunggulan baja struktural ini bergantung pada dua faktor, namun: kualitas bahan dan tingkat pengalaman pembangun. Ketika dua faktor ini dipadukan menjadi satu. Pemilik bangunan mendapat manfaat dari segi bangunan yang menarik yang dirancang dengan baik yang tahan lama dan berkelanjutan. SMS Perkasa sebagai distributor besi di Surabaya. Kami siap untuk melayani segala macam kebutuhan besi Anda, dan kami jamin produk yang kami tawarkan nantinya. Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan besi sesuai dengan kebutuhan Anda.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *