Analisis Harga Besi: Volatilitas Harga pada Pasar Hot Rolled Coil (HRC) di US

A man's hand on the desk with paper document and pen

Pada analisis harga besi kali ini, pasar Hot Rolled Coil (HRC) atau yang mungkin para Perkasa Partner kenal dengan plat besi hitam yang  mengalami pergerakan harga pasar yang selalu berubah. Informasi baru yang berbeda dengan ekspektasi pasar dapat menjadi strategi trading saat menghadapi kondisi pasar dengan volatilitas tinggi. 

Apa itu Volatilitas dan Kenapa Penting?

Secara teknis, volatilitas mengacu pada fluktuasi harga pada periode tertentu. Volatilitas adalah besaran perubahan harga yang menunjukan fluktuasi pasar dalam satu periode tertentu. Disebut “market mood” karena Anda akan melihat harga bisa melonjak tajam atau bahkan terjun bebas melemah yang artinya sedang terjadi volatilitas tinggi. Sedangkan ketika pasar dalam kondisi tenang, itu artinya sedang terjadi volatilitas rendah di mana seller dan buyer tidak ada yang mendominasi pasar. Sederhananya, volatilitas indikator kondisi pasar, yang mengukur tingkat sensitif gejolak pasar.

Volatilitas Harga pada Pasar HRC di US

Pada dua belas bulan belakangan ini, pasar US telah melihat lonjakan besar pada harga besi yang menjadi berita gembira bagi para penyedia besi yang dimanjakan dengan tren yang semakin tinggi. Namun seiring dengan kenaikan harga, dapat dikatakan dua belas bulan belakangan ini juga menjadi periode yang cukup tenang. Hal ini dikarenakan kenaikan harga yang telah diprediksi sebelumnya, yang diperkirakan akan segera turun meski tidak akan drastis seperti pada 2011 lalu.

volatolitas harga hrc

Pada periode July 2010 –  July 2011 dapat dilihat munculnya kenaikan harga yang disebabkan pada krisis finansial yang terjadi. Kondisi yang sama terjadi pada dua belas bulan belakangan ini yang hampir mencapai pada skor yang cukup tinggi. Kondisi yang paling tenang adalah pada 2013-14 dimana dapat dilihat pada chart diatas. Bisa dikatakan bahwa “kehidupan paling tenang” untuk para pemasok. Para pemasok HR Coil yang menghadapi volatilitas rendah dan level harga yang dapat diterima dengan baik.

Tidak semua pihak menginginkan kondisi tenang tersebut, pada trader harus mencari kesempatan pada pasar tersebut. Demikian juga, dengan para produsen yang kemungkinan akan lebih senang pada kondisi pasar dengan tren naik. Dapatkah dengan kondisi saat ini, penurunan pada volatilitas pasar akan segera terjadi? Kemungkinan ini dapat menjadi pengingat untuk para Perkasa Partner karena stabilitas harga terutama pada HRC akan segera berakhir pada sisa tahun ini.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *