Besi Beton China Stabil Meski Konstruksi Perumahan membuat Harga Tetap Tinggi

Pertumbuhan supply dari Besi Beton China Melemah Sepanjang Tahun

Hasil output dari besi beton berada pada kisaran 5.8% year on year pada Agustus dengan pencapaian 135.6 juta ton. Dibandingkan dengan produksi tahun lalu dalam periode yang sama hanya di kisaran 128.1 juta tonase. Pertumbuhan besi beton yang kuat di awal tahun sudah mulai melemah. Hal ini terlihat dari data angka produksi secara akumulatif meningkat dari 17.6% year on year pada quarter pertama tahun ini, yang menurun  sampai 8.2% year on year pada akhir dari quarter kedua tahun ini. Pertumbuhan yang mulai menurun ini disebabkan karena melemahnya permintaan pasar. Hal ini diiringi dengan pertumbuhan CISA yang juga jatuh pada 7.1% year on year untuk penjualan dari besi beton pada bulan July dengan kisaran 76.26 juta ton. Dibandingkan dengan angka yang meningkat di kisaran 19.9% pada quarter pertama. Meski harga dari besi beton cukup unggul diluar ekspektasi tahun ini, kemudian lebih stabil secara akumulasi sejak awal tahun. Harga besi beton rata-rata meningkat pada kisaran 12.6% year on year di bulan Juli dibandingkan dengan 14.4% pada bulan Maret dan 21.2% pada bulan Januari.

Pabrik di China mengikuti Strategi Serupa dengan Flat Steel

Produksi plat besi menunjukkan peningkatan secara akumulasi pada kisaran 2.3% year on year sejak Agustus. Peningkatan ini dibandingkan dengan kondisi pada quarter pertama yang sempat turun di posisi 7.0% (Lihat: bagan sebelah kanan). Hal ini memiliki korelasi dengan peningkatan permintaan pada bidang manufaktur setelah awal tahun yang tidak begitu banyak. Produksi mesin kendaraan meningkat sebanyak 2.2% pada periode Januari sampai Agustus, setelah sempat menurun sekitar 2.7% pada quarter pertama. Pada waktu yang sama tingkat pertumbuhan sektor konstruksi perumahan yang secara bertahap meningkat melebihi sektor otomotif. Tingkat kenaikan yaitu pada kisaran 15.9% year on year pada delapan bulan pertama di tahun ini. Permintaan yang kuat untuk baja konstruksi membuat harga besi beton lebih tinggi dari plat besi (HRC) sejak pertengahan Agustus. Fenomena ini terakhir diamati pada Desember 2017.

Persediaan Besi Beton kembali menurun

Seperti yang telah diduga, pabrik dan gudang persediaan untuk besi beton meningkat pada kisaran 12.2% week on week pada akhir Oktober sebelum liburan dimulai. Namun, pada sekitar 12 Oktober total persediaan kembali jatuh sekitar 4% week on week setelah aktivitas perdagangan kembali pulih. Secara keseluruhan persediaan pada kisaran 0.5% year on year lebih tinggi. Permintaan besi beton yang kembali normal dan diiringi dengan persediaan yang menipis. Maka dari itu, bagian gudang sangat berhati-hati dalam memilih keputusan karena tidak ingin mempertahankan persediaan yang tinggi pada saat harga yang tinggi pula

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *