Analisa Pasar: Pergerakan Harga Besi di Kuartal Akhir

Menyoal Harga Plat Besi di Akhir Tahun 2018

Apakah benar bahwa kenaikan harga di kuartal akhir tahun sangat sulit dilakukan? Setujukah Anda dengan pendapat tersebut?

Analisa Pergerakan Harga Besi di Kuartal Akhir dari Tahun ke Tahun

Baru-baru ini, merujuk pada pasar Eropa dan AS, laporan mengenai analisis harga baja dirilis. Laporan ini memaparkan analisa harga baja pada beberapa tahun terakhir yang dikaitkan dengan krisis finansial yang terjadi di tahun 2010. Hasilnya, laporan ini membandingkan harga plat besi gulungan di pasar AS dan Eropa pada masa sebelum tahun 2010 dan pada masa setelah terjadinya krisis dalam dollar dan euro. Grafik tersebut menunjukkan harga plat besi gulungan pada kuartal terakhir (termasuk perkiraan untuk bulan Desember tahun ini) dan dibandingkan dengan rata-rata pada tiga kuartal lainnya. Garis nol (0) menjadi titik tengah yang menunjukkan apakah harga plat besi gulungan naik atau turun pada kuartal keempat dibanding dengan kuartal-kuartal sebelumnya. Nilai positif menunjukkan kenaikan harga, sedangkan nilai negatif adalah sebaliknya. Dengan acuan tersebut, data menunjukkan bahwa harga HRC pada kuartal akhir tahun ini lebih baik daripada kuartal akhir di tahun-tahun sebelumnya.

Grafik Harga Baja di Kuartal Akhir Sebelum Tahun 2010

Grafik Harga Baja di Kuartal Akhir Setelah Tahun 2010

Kaitannya dengan Krisis Finansial di Tahun 2010

Meski nampak ada perbedaan nilai volatilitas antara harga mata uang dollar dan harga mata uang euro, namun data tetap menunjukkan bahwa harga plat besi gulungan pada kuartal keempat cenderung stabil dan susah untuk kembali naik sejak perlambatan aktivitas ekonomi yang sebelumnya terjadi. Sebelum krisis terjadi, harga dollar pada pasar Eropa di kuartal terakhir lebih sering nampak lebih tinggi dibanding dengan rata-rata pada kuartal sebelumnya. Meski begitu, pada periode yang sama, kuartal keempat pada pasar AS jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata pada periode awal tahun.

 

Krisis yang terjadi sepertinya memperlambat perkembangan bisnis gulungan di kuartal terakhir. Hanya pada tahun 2013, pabrik gulungan US memiliki rata-rata harga yang lebih tinggi pada kuartal terakhir. Sedangkan pabrik gulungan di Eropa membuat kemajuan yang baik pada tahun 2016 dan 2017 dengan harga yang lebih tinggi di kuartal terakhir. Secara umum, hasil dari data-data yang disajikan menunjukkan bahwa di akhir tahun, harga tinggi pada pasar plat besi gulungan tampaknya semakin jarang setelah krisis terjadi. Digarisbawahi pula bahwa harga plat besi gulungan di pasar Eropa dan pasar AS pada bulan ini mengalami penurunan masing-masing sebesar 4% dan 3%.

 

Setelah menyimak tentang sekelumit analisis diatas, apakah para Perkasa Partner setuju tentang hal ini?

Terus ikuti perkembangan harga dan analisis pasar besi pada blog SMS Perkasa, dan kunjungi www.smsperkasa.com untuk mempelajari kami lebih lanjut dan produk-produk yang dapat kami sediakan.

0

One thought on “Analisa Pasar: Pergerakan Harga Besi di Kuartal Akhir”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *