Cara Memilih Besi Beton Berkualitas SNI

Memilih Besi Beton Berkualitas SNI

Siapa yang tidak mengenal besi beton, jenis besi ini telah menjadi primadona di dunia pengguna besi. Besi beton adalah besi yang sering digunakan dalam proyek konstruksi karena fungsinya sebagai tulang atau rangka bangunan. Karenanya, memahami cara memilih besi beton berkualitas SNI memang sangat penting dan membutuhkan ketelitian. Besi beton terdiri dari dua bentuk, yakni besi beton polos (plain bar) dan besi beton ulir (deformed bar). Besi beton polos merupakan besi yang memiliki permukaan licin dan penampang bundar. Sedangkan besi beton ulir—seperti namanya—memiliki pola ulir horizontal yang didapat dari proses pilin saat diproduksi.

Nah, bagaimana cara memilih besi beton berkualitas SNI dengan cermat?

Memiliki Kualitas SNI

Meski terdapat banyak merk-merk populer untuk besi beton di Indonesia, namun sangat penting untuk bersikap selektif saat ingin membeli besi beton. Dalam hal pemilihan besi beton, pilihlah besi beton bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) agar kualitasnya lebih terjamin. Ada beberapa kualifikasi besi beton SNI yang telah ditentukan oleh Badan Standarisasi Nasional. Nah, kualifikasi-kualifikasi inilah yang membantu konsumen untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik dan meminimalisir para pemain nakal yang menjual besi beton banci.

Sebenarnya, pengguna tidak harus selalu bergantung ada satu merk saja. Yang paling penting ada memahami kualifikasi-kualifikasi yang telah ditetapkan. Apabila besi beton sudah memenuhi kualifikasi SNI dan memiliki sertifikat yang jelas, maka besi beton tersebut sudah layak untuk digunakan terlepas dari apapun merknya.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Besi Beton untuk Konstruksi Bangunan

Kondisi Tidak Berkarat

Cara termudah untuk mengetahui baik tidaknya kondisi besi beton adalah mengecek adanya karat atau tidak pada badan besi beton. Tentunya, besi beton yang berkarat akan cenderung lebih cepat rusak dibanding dengan besi beton berkondisi baik.

Besi beton yang berkarat biasanya memiliki bercak-bercak warna oranye bertekstur dan mengelupas atau terlihat keropos pada badan besinya. Sedangkan jika hanya berwarna samar-samar merah, kondisi besi beton masih bisa dikatakan layak. Bercak samar merah pada besi beton biasanya diakibatkan oleh penyimpanan besi beton yang kurang baik, sehingga terdapat proses oksidasi pada lapisan terluar besi beton. Sebabnya, belilah besi beton dengan fasilitas pengiriman dan penyimpanan yang baik sehingga besi beton tetap kering dan tidak berkarat.

Toleransi Ukuran Pasti

Penggunaan besi beton pada proyek konstruksi memegang fungsi yang teramat penting untuk ketahanan bangunan agar tahan lama dan lebih kokoh. Oleh karena itu, menyesuaikan ukuran besi beton dengan beban yang akan ditopang dirasa sangat penting. Pilihlan besi beton dengan diameter dan ukuran yang sesuai standar. Jangan lupa pula untuk selalu memastikan ukurannya sebelum menggunakannya, mengingat banyaknya pemain curang di bisnis besi beton ini. Untuk toleransi ukuran yang lebih pasti, SMS Perkasa sebagai distributor besi beton bisa menjadi partner yang terpercaya.

Ada Harga, Ada Kualitas

Ada baiknya Anda tidak tergiur dengan harga murah yang ditawarkan sebelum memastikan langsung kualitas besi beton yang akan Anda beli. Besi beton bersertifikat SNI tentu akan memiliki harga lebih mahal dibanding dengan merk-merk lain yang tidak bersertifikat. Hal ini dikarenakan besi beton SNI akan memiliki toleransi ukuran yang lebih baik dan berat yang lebih pasti. Meski mahal, namun lebih terjamin kualitasnya, bukan?

Untuk mendapatkan besi beton berkualitas SNI dengan toleransi ukuran yang lebih pasti, hubungi SMS Perkasa sekarang juga. Kami menjamin kualitas produk yang kami jual dengan harga yang kompetitif. Terus ikuti perkembangan informasi besi baja di Indonesia dan serba-serbi produk besi di blog SMS Perkasa.

0

Related Post

9 thoughts on “Cara Memilih Besi Beton Berkualitas SNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *