Fungsi Pipa Besi: Dari Otomotif Hingga ke Fashion

Fungsi Pipa Besi di Industri Energi

Sebelumnya, telah dibahas soal jenis-jenis pipa besi yang biasanya digunakan dan cukup populer di industri-industri di Indonesia. Pipa besi yang ada di pasaran memiliki penampang bulat dan penampang kotak. Sedangkan berdasarkan lapisan materialnya, pipa besi biasanya dilapisi material seperti galvanis, galvalum, maupun galvanil. Variasi yang banyak pada pipa besi membuat pipa besi biasa digunakan di berbagai industri. Berikut ini adalah fungsi-fungsi dari pipa besi.

 

Sistem saluran

Jika pipa-pipa non besi bisa digunakan untuk saluran air baik air bekas maupun air kotor, pipa-pipa besi tak hanya digunakan untuk saluran air namun juga digunakan sebagai saluran untuk berbagai subtansi energi seperti gas, minyak, dan cairan-cairan kimia lainnya. Namun, untuk sistem saluran untuk gas dan air panas, pipa-pipa berlapis seperti galvanis, galvalum, maupun galvanil tidak direkomendasikan karena lapisan pipa tersebut bisa mengelupas dan membuat sumbatan pada pipa. Dengan begitu, industri minyak dan gas merupakan industri yang banyak memerlukan pipa besi sejenis seamless dan welded.

 

Aksesoris Bangunan

Tidak hanya untuk sistem saluran, pipa besi juga umum digunakan dalam konstruksi aksesoris bangunan, terutama pipa besi berlapis. Pipa besi berlapis seperti galvanis dan galvalum memiliki resistansi yang baik terhadap korosi dan api. Fisiknya yang lebih menarik dan mudah untuk disesuaikan desainnya baik bentuk maupun warna, membuat pipa ini lebih digemari sebagai bahan dasar aksesoris bangunan outdoor. Contohnya saja pagar rumah, pegangan tangan pada tangga, dan tiang PJU. Selain itu, pipa berlapis tidak memerlukan perawatan yang rumit dan dengan mudah diganti jika ada kerusakan.

 

Furniture

Fungsi pipa besi lainnya adalah sebagai bahan pembuat furniture. Perusahaan properti dan furniture pun juga menggunakan pipa-pipa besi yang telah difabrikasi sebagai bahan baku mereka. Hal ini semakin populer seiring dengan permintaan pasar yang tinggi terhadap furniture-furniture bergaya industrial. Kepopuleran pipa besi pun kini merambah dunia fesyen, sehingga banyak pipa besi yang digunakan untuk peralatan fesyen seperti rak sepatu atau gantungan baju dengan gaya skandinavian.

 

Sparepart Otomotif

Industri otomotif pun menggunakan pipa besi pada pengaplikasiannya. Pipa besi sering digunakan untuk pembuatan knalpot dan rangka kendaraan, khusunya roda empat. Namun, pipa jenis stainless steel, terutama grade feritik, adalah bahan yang paling sering digunakan untuk industri ini. Tercatat pula dalam release yang dilansir oleh Kementrian Perindustrian, kebutuhan pipa untuk industri otomotif nasional bisa mencapai 180.000 ton per tahun.

 

Instalasi Listrik

Kemampuan pipa galvanis untuk meminimalisir gangguan pada penghantar listrik menjadikan pipa ini semakin sering digunakan untuk instalasi listrik, bersaing dengan pipa PVC. Pipa yang digunakan untuk instalasi listrik memang harus memiliki daya tahan terhadap tekanan mekanis, tahan terhadap panas dan kelembapan, serta tidak menjalarkan api. Selain itu, pipa galvanis mudah untuk dibongkar pasang apabila terjadi kerusakan yang tidak diinginkan.

 

Ternyata banyak sekali ya fungsi pipa besi untuk berbagai industri yang dekat dengan keseharian kita. SMS Perkasa menjual pipa besi dengan berbagai jenis dan ukuran. Cek katalog pada website kami untuk melihat jenis dan ukuran yang kami sediakan atau hubungi sales kami diĀ +62 31 5345215. Anda juga bisa menyimak artikel-artikel lainnya di blog.smsperkasa.com.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *