5 Fakta Baja yang Tak Terduga

Distributor Besi Baja Surabaya

Baja adalah salah satu komoditas yang paling berharga di seluruh dunia. Bagaimana tidak? Industri besi baja didapuk menjadi industri terbesar kedua setelah industri minyak dan gas karena memiliki keuntungan yang diperkirakan bernilai $USD900 milyar. Selain itu, tercatat hampir semua industri menggunakan baja, seperti sektor konstruksi dan perumahan, sektor energi, sektor otomotif dan transportasi, infrastruktur, industri kemasan, juga mesin. Tak hanya itu, berkembangnya industri baja ternyata juga memberikan dampak pada lapangan pekerjaan. Did you know, sebanyak lebih dari 8 juta orang-orang dari seluruh dunia bekerja secara langsung pada industri baja, lho. Yakin Anda sudah mengenal industri baja dan mengetahui fakta-fakta produk baja dengan baik?

Coba simak 5 fakta baja ini yang mungkin belum Anda ketahui.

 

Baja adalah Material yang Paling Bisa di Daur Ulang di Dunia

Isu-isu lingkungan mengenai bahan-bahan yang tak bisa didaur ulang nampaknya tidak berpengaruh pada produk baja. Kandungan ferromagnetic pada baja paduan (alloy) membuat baja lebih mudah dipisahkan dengan aliran limbah padat lainnya, sehingga mudah untuk di daur ulang.

Berdasarkan data statistik Institute of Scrap Recycling Industries (ISRI) di tahun 2015, terdapat sebanyak 73 juta metrik ton baja tua di USA yang didaur ulang pada tahun 2014. Hebatnya, sebanyak hampir 55% nya merupakan baja-baja yang diproduksi sendiri di dalam negeri. Selain itu, sekitar 69% dari jumlah baja yang didaur ulang di USA tiap tahunnya sama dengan jumlah daur ulang kertas, auminium, plastik, dan kaca jika digabungkan.

Kenyataannya, berapa kali pun baja didaur ulang, sifat-sifat dan kekuatan baja tidak akan berubah. Baja dapat didaur ulang hingga 150 tahun setelah pertama kali dibuat. Hal ini lah yang membuat material baja merupakan material yang bisa digunakan berulang-ulang dan berkelajutan (sustainable).

 

Kawat Baja Nirkarat (Stainless Steel) Bisa Berkarat

Istilah ‘nirkarat’ dalam baja nirkarat bukan lain karena kemampuannya untuk menahan korosi. Karena kemampuannya itu, stainless steel biasanya memiliki masa hidup yang cukup lama dan mepertahankan kekuatannya. Meski begitu, dalam beberapa situasi, stainless steel juga bisa berkarat lho. Faktor-faktor yang menyebabkan stainless steel berkarat diantara adalah sebagai berikut.

  • Tidak membersihkan mesin las dan peralatan lainnya saat melakukan pengelasan plain steel ke stainless steel
  • Menggunakan sikat logam yang sama untuk plain steel dan stainless steel.
  • Penggunaan bahan kimia yang dapat menghilangkan lapisan oksida pada stainless steel

Nah, oleh sebab itu, perawatan yang tepat pada stainless steel sebenarnya dapat menghidarkan stainless steel dari karat dan memperpanjang masa hidupnya, lho.

 

Terdapat Lebih dari 3500 Grade Berbeda pada Produk Baja

Kaget? Sama, kami juga. Mungkin inilah fakta baja yang paling banyak tidak diketahui orang. Informasi ini dilansir oleh World Steel Association yang menyatakan bahwa ada lebih dari 3.500 grade baja di dunia, meski belum bisa dipastikan berapa jumlah tepatnya. Hal ini terjadi karena sekitar 75% baja yang kita gunakan akhir-akhir ini merupakan hasil pengembangan material baja dalam 20 tahun terakhir. Tentunya bukan karena tanpa alasan, pengembangan ini ditujukan untuk menemukan efisiensi paduan baja yang lebih ringan dan lebih kuat dari versi sebelumnya. Saat ini, baja modern tidak hanya lebih kuat dari sebelumnya, tapi juga tiga kali lebih ringan. Hebat, bukan?

 

Bangunan yang Terbuat dari Besi Memiliki Ukuran yang Berubah-ubah

Sifat besi yang dapat memuai dan menyusut akibat kalor mengakibatkan bangunan-bangunan besi bisa memiliki ukuran yang berubah-ubah. Eiffel Tower sebagai salah satu bangunan besi paling memukau di dunia, juga memiliki ukuran yang berubah-ubah tergantung cuaca. Ukuran monumen cinta ini bisa berubah menjadi 6 inch lebih tinggi pada saat musim panas jika dibandingkan dengan musim dingin. Hal ini berlaku juga pada Sydney Harbour Bridge yang bisa memuai hingga 7 inch lebih tinggi di musim panas.

 

Baja adalah Salah Satu Material Terkuat di Dunia

Baja merupakan material yang terdiri dari perpaduan berbagai logam yang didapuk sebagai material terkuat yang ada saat ini. Baja sendiri terbuat dari material besi dan karbon sehingga bersifat sangat fleksibel dan tidak mudah berkarat. Tapi tidak menutup kemungkinan di tahun-tahun mendatang, para peneliti dapat menemukan kombinasi elemen yang lebih baik dan lebih kuat. Karena sifat baja yang fleksibel dan kuat inilah, baja sering digunakan di berbagai industri.

 

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui fakta-fakta baja ini sebelumnya?

Yang pasti, untuk besi baja dengan standar SNI, hubungi SMS Perkasa. Kami menjamin kualitas dan toleransi ukuran besi baja yang kami jual. Selain itu, Anda akan mendapatkan kepastian pengiriman dari kami. Tim sales kami akan selalu siap membantu Anda!

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *