Apa Beda Plat Besi, Plat Kapal, dan Plat Lubang?

Harga Plat Besi, Plat Kapal, Plat Lubang Terbaru

Sebagai newbie di industri besi baja, pernahkah terlintas di pikiran Anda soal perbedaan plat besi, plat kapal, dan plat lubang? Apakah ketiga plat ini memang berbeda? Atau justru sebenarnya ketiga plat ini sama?

 

Jadi, begini sebenarnya hubungan antara plat besi, plat kapal, dan plat lubang. Untuk Anda yang menebak bahwa ketiga plat ini sesungguhnya sama, Anda mungkin benar. Sedangkan untuk Anda yang bertaruh bahwa ketiga plat ini berbeda, Anda juga tidak salah. Plat besi, plat kapal, dan plat lubang sesungguhnya terbuat dari slabs yang telah diproses menjadi hot-rolled coil. Apakah bahan penyusunnya sama? Tentu saja sama, karena ketiga plat ini memang dibuat dari produk induk yang sama. Sehingga bahan penyusun antara plat besi, plat kapal, dan plat lubang juga akan selalu sama.

 

Lalu apa kira-kira perbedaan plat besi, plat kapal, dan plat lubang? Jawabannya cukup sederhana: ukurannya.

 

Plat Besi (Steel Plate)

Plat besi hitam maupun plat besi putih biasanya memiliki ukuran standar sebesar 4 x 8 feet dengan ketebalan mulai dari 0.6 mm hingga 50.0 mm. Grade umum yang ada di pasaran untuk plat besi merupakan baja struktural. Plat ini biasanya digunakan untuk pembuatan gelagar atau plat penguat dalam industri konstruksi. Baja struktural ini seringnya dibuat dari baja karbon rendah sehingga memiliki fleksibilitas yang baik. Hal ini memungkinkan plat untuk dibor maupun dibentuk sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Selain untuk konstruksi, plat besi juga digunakan dalam industri fabrikator dan reparasi. Plat hitam dengan standar SNI biasanya memiliki toleransi ukuran kurang lebih 0.1 mm.

 

Plat Kapal (Marine Plate)

Jika plat besi berukuran 4 x 8 feet, maka plat kapal berukuran lebih besar. Standar ukuran plat kapal adalah 5 x 20 feet atau 6 x 20 feet dengan ketebalan mulai dari 3.0 mm hingga 25.0 mm. Sesuai dengan namanya, plat ini kebanyakan digunakan dalam proses pembuatan badan kapal. Ukuran plat kapal yang jauh lebih besar dari plat besi juga memudahkan proses pembuatan kapal. Meski begitu, plat kapal juga sering digunakan dalam industri minyak dan gas untuk bahan tangki maupun tabung/silo.

Pernah dengan soal Plat Kapal BKI? BKI adalah singkatan dari Biro Klasifikasi Indonesia. Plat Kapal BKI merupakan plat kapal yang memiliki sertifikasi dan terjamin kualitasnya oleh Biro Klasifikasi Indonesia. Nah, apa bedanya plat kapal biasa dan plat kapal BKI? Pada plat kapal BKI terdapat stempel atau cap yang biasa disebut sebagi hit number pada bagian badan plat. Sedangkan pada plat kapal biasa tidak ada. Hal ini memudahkan pembeli untuk lebih selektif pada plat kapal biasa maupun plat kapal BKI. Soal kualitas tentunya akan berbeda, begitu pun dengan harganya.

 

Plat Lubang (Perforated Metal)

Selain disebut sebagai perforated metal, plat lubang juga biasa disebut sebagai perforated sheet, perforated steel, atau perforated screen. Plat lubang adalah plat besi yang telah dilubangi baik secara mekanis atau manual dengan tujuan untuk membuat pola-pola lubang pada penampangnya. Tidak hanya berbentuk lubang, kadang pengguna juga bisa mengusulkan bentuk-bentuk lainnya. Pengguna juga mengusulkan spesifikasi lainnya seperti ketebalan, diameter lubang, hingga jarak antar lubangnya, mengingat plat lubang biasanya dijual dengan sistem pre order. Meski pengguna juga bisa meminta bahan penyusun platnya, tapi umumnya plat lubang dibuat dari plat besi hitam. Jadi, ukurannya akan mengikuti ukuran plat besi hitam yaitu 4 x 8 feet. Namun tidak menutup kemungkinan ukurannya bisa mengikuti permintaan konsumen.

Plat lubang ternyata telah ditemukan dan digunakan sejak 150 tahun lho, sekitar akhir abad ke-19. Industri yang menggunakan plat lubang pun cukup banyak seperti arsitektur, pertanian, peternakan, minyak dan gas, konstruksi, hingga otomotif.

 

Masih bingung plat apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Hubungi SMS Perkasa untuk pertanyaan terkait plat besi. Oh iya, SMS Perkasa menjual plat besi, plat kapal, juga plat lubang dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Tunggu apa lagi? Hubungi sales kami di (031) 534215 atau 0811 329 0811. Simak juga ulasan kami soal produk-produk besi lainnya di blog.smsperkasa.com.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *