Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless, Tau?

Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Kami yakin, pertanyaan mengenai perbedaan antara pipa welded dan pipa seamless pasti pernah terlintas dipikiran Perkasa Partner. Bagi orang-orang yang masih awam dengan industri baja, banyaknya produk-produk baja yang ada dipasaran memang kadang membingungkan. Padahal, jenis-jenis yang teramat banyak ini sesungguhnya dibuat mengikuti permintaan pasar atas kebutuhan kita yang makin beragam dan kompleks. Tentu hal ini akan memudahkan pekerjaan-pekerjan proyek yang terus berlangsung, apalagi dengan teknologi yang terus diperbarui.

Salah satu contoh yang paling ideal adalah produk pipa besi. Pipa besi memiliki jenis, ukuran, dan bahan baku material yang cukup beragam. Perkasa Partner tentu pernah mendengar jenis-jenis pipa besi seperti pipa welded, pipa stainless, pipa galvanis, pipa hollow, pipa seamless dan lain sebagainya. Cukup banyak, bukan? Masing-masing pipa ini nyatanya dibuat dengan menyesuaikan kegunaannya.

Hal ini juga berlaku untuk pipa welded dan pipa seamless yang sering dibilang identik. Meski sama-sama berbahan dasar hot rolled steel dan berbentuk bulat, sebenarnya kedua pipa ini berbeda. Nah, apa sih perbedaan antara pipa welded dan pipa seamless? Jawaban sederhana yang paling mendasar adalah: proses pembuatannya.

Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Seperti yang kita tahu, proses pembuatan pipa besi bisa dilakukan dengan banyak metode, termasuk metode welded dan metode seamless. Nyatanya, proses pembuatan pipa dengan metode welded dan seamless adalah yang paling populer dan telah digunakan selama beberapa dekade. Secara singkat, perbedaan pipa welded dan pipa seamless berada pada kelim yang ada di badan pipa.

Pipa welded, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pipa las, adalah pipa besi yang diproses dengan metode pengelasan. Pipa welded biasa dibuat dari plat atau strip baja yang disambung dengan teknik las. Sambungan dari pipa welded ini pun bermacam-macam, ada yang spiral dan ada pula yang lurus/longitudinal. Plat atau strip baja dengan ketebalan tertentu akan digulung secara melingkar dengan mesin pelengkung plat atau mesin roll. Pada saat strip atau plat baja telah tergulung dan membentuk silinder, bagian sambungan akan di las dengan atau tanpa material pengisi berua logam/flux. And voila, pipa welded sudah selesai diproduksi. Pengelasan dalam pipa welded juga beragam, beberapa teknik pengelasan yang paling kondang adalah mengalirkan arus listrik tegangan tinggi pada sambungan pipa sehingga sambungan akan meleleh dan melebur menjadi satu. Proses tersebut terdiri dari Electric Resistance Welding, Electro Fusion Welding, High-Frequency Welding untuk pipa dengan las longitudinal. Sedangkan untuk pipa dengan las spiral, teknik las dengan Submerged Arc Welding lebih populer.

Proses Pembuatan Pipa Welded
Proses Pembuatan Pipa Welded

Jika pipa welded memiliki sambungan las dibadannya, pipa seamless justru sebaliknya. Pipa seamless, atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pipa tanpa kelim, merupakan pipa besi tanpa sambungan. Sama halnya dengan pipa welded yang memiliki beragam teknik pengelasan, pipa seamless juga memiliki beberapa metode produksi. Metode yang paling sering digunakan adalah metode Mandrel Mill Process, yang hampir sama dengan proses Mannesmann Plug Mill (Hot Rotary Piercing). Metode lain dalam pembuatan pipa seamless adalah Extruction Process dan Push-Bench Process. Prosesnya lebih rumit jika dibandingkan pipa welded. Billet baja yang telah dipanaskan akan malalui proses piercing dan didorong ke dalam mill. Kemudian billet akan mengalami proses penggulungan dan peregangan untuk menyesuaikan panjang, diameter, dan ketebalan dinding pipa seamless.

Proses Pembuatan Pipa Seamless
Proses Pembuatan Pipa Seamless

Fungsi Pipa: Pipa Welded vs Pipa Seamless

Lalu, apakah fungsi pipa seamless dan pipa welded berbeda? Bisa dibilang iya, karena menyesuaikan dari kebutuhan pengguna. Secara umum, pipa welded dianggap lebih rentan jika dibandingkan dengan pipa seamless karena sambungan las yang ada di badannya. Sedangkan pipa seamless yang tidak memiliki sambungan atau cacat struktural dirasa lebih kuat. Well, memang benar bahwa secara teoritis pipa welded memiliki sambungan las yang membuat pipa ini lebih lemah karena tidak tahan terhadap tekanan maupun suhu yang tinggi. Namun nyatanya, dengan melalui proses produksi dan kontrol kualitas yang tepat, pipa welded dapat bekerja dengan baik asal tidak melampaui toleransi kekuatannya. Secara ekonomi, pipa welded jelas lebih menguntungkan dibandingkan dengan pipa seamless karena produksinya lebih sederhana dan lebih murah.

Meski pipa seamless terbukti lebih tahan terhadap tekanan, tapi banyak protes dilayangkan karena ukurannya yang kurang konsisten. Proses penggulungan dan peragangan pipa seamless cenderung menghasilkan ketebalan dinding yang tidak konsisten jika dibandingkan dengan ketebalan dinding yang didapat dari proses welded yang dibuat dari plat atau strip baja. Selain itu, rumitnya proses pembuat pipa seamless membuat harganya melambung tinggi.

Kabar baiknya, kedua pipa ini memiliki fungsi dan penggunaan masing-masing. Misalnya saja pipa seamless, pipa ini akan sangat menguntungkan untuk aplikasi bertekanan dan bersuhu tinggi seperti dalam industri minyak & gas, industri farmasi, dan pembangkit listrik. Sedangkan pipa welded bisa digunakan dalam semua industri selama suhu, tekanan, dan variabel lainnya terukur dan tidak melebihi standar yang telah ditentukan oleh produsen. Sedangkan dalam aplikasi strukstural, baik pipa welded maupun pipa seamless dapat bekerja sama baiknya.

Keutungan Pipa Welded

Perlu dicatat, bahwa keuntungan dari pipa welded ini juga dipengaruhi oleh kebutuhan penggunaannya. Jadi pemilihan pipa yang sesuai dengan penggunaannya adalah hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Keuntungan pipa welded, meliputi

  • Harga produksi yang lebih murah
  • Proses pembuatan cenderung lebih sederhan dan memakan waktu yang lebih singkat
  • Permukaan akhir yang lebih baik di bagian dalam dan luar pipa
  • Konsistensi ukuran yang lebih pasti sehingga angka toleransinya pun lebih tepat

Keuntungan Pipa Seamless

Adapun keuntungan dari pipa seamless, meliput beberapa hal seperti

  • Dinding pipa yang lebih tebal sehingga lebih tahan terhadap tekanan dan suhu yang tinggi
  • Tidak ada sambungan las, yang berarti lebih tahan terhadap korosi
  • Memiliki bentuk silinder yang lebih baik, meski ukurannya cenderung kurang konsisten

Kesimpulannya, perbedaan yang sangat kentara antara pipa welded dan pipa seamless terletak pada proses pembuatannya. Jadi kenali dulu kebutuhan Perkasa Partner sebelum menentukan akan membeli pipa welded atau seamlesss ya.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *