Fungsi Besi Hollow, Keuntungan, dan Kekurangannya

Fungsi Besi Hollow

Jika minggu lalu kami sudah membahas mengenai jenis besi hollow dan standarisasi ukurannya, kali ini kami akan membahas mengenai fungsi, keuntungan, dan kelemahan dari besi hollow.

Eits, sebelumnya masih ingat nggak sih dengan besi hollow? Besi hollow merupakan pipa besi dengan penampang kotak yang memiliki lubang di tengahnya sehingga disebut hollow. Besi hollow memiliki jenis yang bermacam-macam dengan spesifikasi yang sama dengan plat besi. Kenapa? Karena besi hollow merupakan produk turunan dari plat besi nih, Perkasa Partner.

Nah, udah nggak sabar kan ingin tahu apa saja fungsi besi hollow? Simak artikel berikut ini ya.

Fungsi Besi Hollow

Jika diulik lebih dalam, banyak sekali fungsi dan kegunaan dari besi hollow di beberapa industri seperti konstruksi, karoseri, dan fabrikasi furnitur. Dalam industri konstruksi sendiri, besi hollow biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan eksterior rumah seperti kanopi, tangga, dan pagar. Sedangkan dalam industri fabrikasi, besi hollow juga bisa terlihat cantik untuk pembuatan furniture, lho. Tak hanya itu, besi hollow juga bisa digunakan untuk pembuatan bak truk dalam industri karoseri.

Wah, sudah penasaran kan? Langsung aja, check it out!

Interior dan Eksterior Rumah

Trend interior dan eksterior rumah kini sedang banyak mengarah pada gaya minimalis, industrial, dan skandinavian. Gaya-gaya tersebut menonjolkan kesan minimalis dengan warna-warna pastel natural seperti putih, biru, dan krem kecokelatan dengan statement warna monokrom seperti hitam dan abu-abu. Nah, material besi hollow ini paling cocok digunakan untuk pembuatan interior dan eksterior rumah bergaya minimalis.

Fungsi besi hollow dalam desain Skandinavian
Desain Skandinavian

Tidak terlalu suka dengan pagar yang memiliki desain rumit? Desain pagar minimalis berbahan besi hollow bisa jadi alternatifnya. Desain yang cenderung kotak-kotak, bersudut, dan simetris ini memang terlihat lebih sederhana tapi lebih fungsional. Selain itu, desain pagar seperti ini akan lebih menghemat ruang dan tentunya menghemat budget, Perkasa Partner. Bukankah less is more? Eheheheee~

Desain pagar minimalis
Sumber gambar: Hompiez

Selain itu, besi hollow juga bisa mempercantik railing tangga yang terdiri dari tiang penyangga, jari-jari pembatas, dan pegangan tangga. Penggunaan besi hollow yang dikombinasikan dengan sentuhan aksen kayu juga menambah kesan elegan pada interior bangunan.

Railing Tangga Minimalis
Sumber gambar: Keuka Studios

Tidak ketinggalan, konstruksi kanopi maupun jendela juga bisa dibuat dari besi hollow. Penggunaan besi hollow dengan kaca pada kanopi dan jendela bisa membuat kesan luas pada bangunan. Selain itu, sinar matahari juga akan dengan mudah masuk ke dalam bangunan sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan alami menjadikan ruangan lebih nyaman. Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa gaya desain Skandinavian ini sangat digemari. Bagaimana, cantik bukan?

Scandinavian Design, Gaya Industrial
Sumber gambar: Urdesign

Fabrikasi Furnitur

Akhir-akhir ini, banyak sekali furnitur yang dibuat dengan menggunakan besi hollow untuk memunculkan kesan bergaya industrial. Beberapa furnitur diantaranya adalah lemari baju, rangka tempat tidur, rak dapur, meja makan, bahkan meja TV. Meski tampak sangat sederhana, furnitur-furnitur ini biasanya menekankan pada fungsi dan menggunakan bahan baku yang berkualitas tinggi, lho.

Minimalist Furniture Desain, Industrial Furtniture Design
Sumber gambar: Amazon
Lemari Gaya Industrial
Lemari Gaya Industrial

Struktur Atap

Untuk pembuatan struktur atap, besi hollow galvalum lah yang sering digunakan. Penggunaan besi hollow galvalum membuat struktur atap lebih kuat dan lebih ringan jika dibandingkan dengan struktur atap konvensional. Selain itu, sifat besi yang tahan panas, tidak mudah terbakar, dan anti rayap membuat struktur atap galvalum memiliki nilai ekonomis yang lebih baik.

Rangka Bak Truk

Selain industri konstruksi dan fabrikasi, industri karoseri juga menggunakan besi hollow untuk pembuatan rangka bak truk. Jenis besi hollow yang biasa digunakan untuk pembuatan rangka bak truk adalah besi hollow hitam. Hal ini dikarenakan besi hollow hitam lebih tebal dan lebih kuat.

Fungsi besi hollow untuk rangka bak truk
Sumber gambar: Mitsubishi

Wah, ternyata banyak sekali ya kegunaannya berdasarkan jenisnya masing-masing. Kira-kira Perkasa Partner biasanya menggunakan besi hollow untuk apa nih? Cek ukuran dan harga besi hollow Surabaya di Distributor Besi Hollow Surabaya, SMS Perkasa.

Keuntungan Besi Hollow

Fungsi besi hollow memang sangat banyak dan hampir bisa digunakan di semua industri. Itu sebabnya, besi hollow memiliki keuntungan yang banyak pula. Berikut ini adalah keuntungan besi hollow jika dibandingkan dengan material lainnya.

Perawatan Mudah dan Nilai Lebih Ekonomis

Tidak hanya besi hollow saja, produk besi dan baja memang cenderung lebih ekonomis jika dibandingkan dengan material lain seperti kayu, plastik, atau material lainnya. Hal ini dikarenakan baja memiliki sifat-sifat yang sangat menguntungkan, seperti

  • Sangat fleksibel dan liat, lebih dari 3500 grade baja di pasaran memungkinkan pengguna untuk mendapatkan baja sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Memiliki rasio kekuatan terhadap berat lebih baik, sehingga dengan jumlah baja yang lebih sedikit akan mampu menopang berat beban sama dengan jumlah material lain yang lebih banyak seperti kayu.
  • Kuat dan tahan lama, baja lebih mampu menahan berbagai cuaca, tahan api, tahan rayap, dan memiliki struktur yang lebih kuat dan lebih aman.

Baca juga: 7 Keuntungan Konstruksi Besi Baja

Pemasangan Lebih Cepat dan Mudah

Bentuk dan tekstur yang dimiliki besi hollow memungkinkan pengguna untuk melakukan modifikasi dan pemasangan yang lebih cepat dan mudah. Itu sebabnya, besi hollow banyak diaplikasikan di berbagai industri. Tinggal potong sana potong sini, las sana las sini, voilaaa struktur yang kita inginkan bisa jadi dengan cepat!

Tidak Mudah Mengalami Korosi

Eh, besi kan gampang berkarat? Iya, tapi itu bertahun-tahun yang lalu. Grade besi yang sekarang banyak beredar di pasaran sudah semakin lebih baik. Thanks to science! Lagi pula, besi hollow memiliki jenis galvanis dan galvalum yang lebih mampu menahan korosi. Selain itu, penggunaan cat pelapis pada besi hollow juga bisa menghambat korosi dengan lebih baik. Gimana?

Kekurangan Besi Hollow

Nah, semua material pasti punya keuntungan dan kekurangan ya. Kira-kira apa nih kekurangan dari besi hollow?

Tidak Bisa Menahan Beban Terlalu Berat

Jika dibandingkan dengan produk besi lainnya, besi hollow memang kurang bisa menahan beban yang berat. Hal ini dikarenakan besi hollow lebih bersifat dekoratif jika dibandingkan dengan besi profil, besi beton, maupun plat besi. Namun, jika dibandingkan dengan material lainnya seperti kayu, plastik, atau bambu; tentu besi hollow dapat menahan beban lebih baik.

Ukuran Panjang Besi Hollow Hanya 6 Meter

Tidak seperti besi beton yang memiliki panjang standar 12 meter, besi hollow memiliki panjang standar hanya 6 meter. Keterbatasan ukuran ini dirasa agak merepotkan bagi sebagian orang yang membutuhkan pembuatan stuktur yang lebih panjang. Sehingga, pengelasan perlu dilakukan. Untung saja besi hollow mudah untuk dimodifikasi ya!

Besi Hollow Hitam Butuh Cat Anti Korosi

Butuh besi hollow yang anti korosi? Wah, kalau begitu jangan memilih besi hollow hitam. Meski lebih kuat dibanding galvanis dan galvalum, besi hollow hitam tetap membutuhkan cat pelapis tambahan agar tidak mudah terkena korosi. Bagi sebagian pengguna, hal ini akan menambah biaya mereka.

Nah, bagaimana? Apakah Perkasa Partner sudah semakin paham dengan serba-serbi besi hollow? Untuk yang sedang berencana untuk melakukan renovasi hunian, tidak ada salahnya untuk memasukkan besi hollow dalam perencanaan Anda.

Sedang butuh besi hollow hitam? Besi hollow galvanis? Atau besi hollow galvalum? Temukan ukuran besi hollow paling sesuai dan dapatkan informasi harga besi terupdate dengan menghubungi sales reresentatif kami.

0

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *