Fungsi Besi Hollow, Keuntungan, dan Kekurangannya

Jika minggu lalu kami sudah membahas mengenai jenis besi hollow dan standarisasi ukurannya, kali ini kami akan membahas mengenai fungsi, keuntungan, dan kelemahan dari besi hollow. Eits, sebelumnya masih ingat nggak sih dengan besi hollow? Besi hollow merupakan pipa besi dengan penampang kotak yang memiliki lubang di tengahnya sehingga disebut Continue Reading

Spesifikasi, Ukuran, dan Jenis Besi Hollow

Siapa sih yang tidak familiar dengan besi hollow? Atau merasa pernah mendengar soal pipa hollow, pipa kotak besi, dan hollow besi? Ya, tidak salah lagi, nama-nama produk besi tersebut sebenarnya adalah nama lain dari besi hollow. Lalu, apa sih besi hollow itu? Nah, dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, Continue Reading

Besi Beton SNI: Memahami Kualifikasi BSN

Siapa yang tak kenal dengan besi beton atau baja tulangan? Besi ini merupakan material yang paling umum digunakan dalam proyek konstruksi bangunan. Penggunaannya yang luas dan fungsinya yang vital sebagai tulang atau rangka bangunan, menjadikan besi ini sebagai material yang wajib memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). Kenapa harus memiliki kualifikasi Continue Reading

Mengulik Besi Beton, Besi Begel, dan Kawat Bendrat

“Pak, minta pricelist semua harga besi” “Gan, tolong harga besinya ya” “Kasih semua harga besi yang agan punya saja, saya rencana mau buka toko” “Memangnya jenis besi ada apa saja kok dari tadi minta harga malah ditanya-tanya terus” “Pricelist semua, WA ke 08xx xxxx xxxx” Familiar dengan pernyataan-pernyataan tersebut? Wah, Continue Reading

Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless, Tau?

Kami yakin, pertanyaan mengenai perbedaan antara pipa welded dan pipa seamless pasti pernah terlintas dipikiran Perkasa Partner. Bagi orang-orang yang masih awam dengan industri baja, banyaknya produk-produk baja yang ada dipasaran memang kadang membingungkan. Padahal, jenis-jenis yang teramat banyak ini sesungguhnya dibuat mengikuti permintaan pasar atas kebutuhan kita yang makin Continue Reading

Apa Perbedaan Antara HRC dan CRC?

Beberapa pelanggan kami bertanya mengenai perbedaan antara hot rolled steel dan cold rolled steel. Nyatanya, orang-orang terkadang masih awam dengan apa itu baja hitam dan baja putih. Di pasar Indonesia sendiri,  jenis ini sering disebut sebagai hot rolled coil dan cold rolled coil, atau singkatnya HRC dan CRC. Lalu apa Continue Reading

7 Keuntungan Konstruksi Besi Baja

Apakah keuntungan konstruksi besi baja lebih menguntungkan daripada konstruksi dengan material lainnya? Pernahkah pertanyaan tersebut terlintas dipikiran Anda? Memang, pembuatan konstruksi bangunan baik sipil maupun komersil pasti memerlukan perencanaan yang baik dan detil. Pasalnya, pembuatan konstruksi bangunan tidak memakan biaya yang sedikit dan melalui proses yang rumit. Oleh karena itu, Continue Reading

Pembuatan Pipa Tempa dari Zaman Mesopotamia

Hampir saja kami mengira bahwa forged pipe dan cast pipe adalah metode pembuatan pipa besi yang serupa. Nyatanya kami salah. Ternyata proses pembuatan pipa tempa amatlah berbeda dengan proses pembuatan pipa cor. Kami cukup terkecoh karena dua metode ini adalah metode tertua dalam sejarah pembuatan pipa besi. Proses pembuatan peralatan Continue Reading

Dari Abad 17: Mengenal Proses Pembuatan Pipa Cor

Pipa cor atau yang lebih dikenal sebagai cast pipe merupakan pipa yang dibuat dengan metode pengecoran. Pipa cor paling tua ditemukan pada abad ke-17 dan digunakan untuk mendistribusikan air ke seluruh taman Chateau de Versailles. Pipa-pipa cor yang digunakan ini diperkirakan mencapai panjang 35 km dengan sambungan bergelang tiap meternya. Continue Reading

Pipa Seamless dan Serba-Serbi Pembuatannya

Jika kami pernah mengulik soal cara pembuatan pipa welded, maka tidak adil rasanya jika kami tak membahas soal cara pembuatan pipa seamless. Kedua pipa ini dikenal saling melengkapi perihal penggunaanya pada bermacam-macam industri. Tentunya tergantung dari fungsi dan kebutuhan. Nah, cukup adil kan jika kali ini kami membahas soal proses Continue Reading